Cara Untuk Mendapatkan Uang Tambahan Bagi Mahasiswa - Belajarbareng

Cara Untuk Mendapatkan Uang Tambahan Bagi Mahasiswa

Cara Untuk Mendapatkan Uang Tambahan Bagi Mahasiswa

 

https://www.istockphoto.com/

Kuncinya sebetulnya adalah telaten dan jangan malu untuk memulai. Jadi pekerjaa saya sewaktu menjadi mahasiswa untuk mendapatkan uang tambahan. Berikut beberapa pekerjaan yang bisa membantu ada dalam mencari uang tambahan.

1.         Menjadi makelar (Agen) kos-kosan.

 

Cara ini cukup efektif bagi saya dengan modal keberanian. Hal yang saya lakukan yaitu dengan melobby pemilik kos sekitaran kampus, kemudian saya meminta kontaknya agar segala informasi mudah saya dapatkan. Jadi saya selalu promosi kos-kosan dengan fee sekitar 50–100 rb. Lumayan bagi saya saat itu karena banyak mahasiswa yang pindah-pindah kos. Jasa pindahan kos dengan pick up juga sudah saya lobby sehingga dapet uang lelah, lumayan bisa buat jajan.

2. Menjual baju preloved & thrifting

Baju-baju branded mahasiswa yang masih bagus saya dapatkan ketika mereka lulus dan akan balik ke kampung halaman. Jadi saya membeli dari mahasiswa tersebut kemudian saya tawarkan di media sosial. Lumayan untuk menambah uang saku.

3. Pengepul kertas bekas

Bisa dikatakan sangat banyak kertas bekas dari mahasiswa entah itu catatan kuliah maupun kertas untuk print. Saya membeli dengan harga murah daripada dibuang sia-sia oleh mereka. Saya kumpulkan kemudian saya jual di tukang rosok langganan dengan harga yang lumayan.

4. Menjadi Agen pulsa

Kegiatan saya yang betah melek menjadikan keuntungan karena banyak teman-teman yang mendadak butuh pulsa internet ditengah malam. Keuntungannya memang tidak banyak tp bisa buat beli siomay.

5. Makelar konveksi

Nah, kebetulan saya punya teman yang memiliki konveksi dengan kualitas bagus. Event di kampus saya jadikan target untuk dapat orderan. Menyebar poster kesana kemari alhamdulillah tetap ada orderan masuk.

6. Makelar Biro Perjalanan

Kegiatan lapangan setiap fakultas memang beda-beda. Saya melobby beberapa biro perjalanan sehingga ketika ada yang butuh armada baik bus, mobil, maupun truk hehe saya bisa mendapatkan fee yang bisa dikatakan cukup untuk jajan di Jogja

Itu baru beberapa hal yang pernah saya coba sewaktu kuliah. Masih banyak lagi usaha yang saya lakukan karena memang hobi saya yang suka berinteraksi dengan orang luar. Bahkan saya pernah terjuan di dunia cryptocurrency, makelar handphone, makelar laptop, makelar mobil, dan banyak lagi. Alhamdulillah biaya kuliah, kontrakan, dan kebutuhan bisa terpenuhi. Uang jajan saya tabung buat usaha yang saya lakukan sekarang yakni menjadi pengepul cabai buat dikirim ke pasar-pasar induk. Jatuh bangun, rugi bahkan ditipu pernah saya rasakan. Intinya jangan malu untuk mencoba, telaten, dan tetap lakukan hal-hal kecil yang mungkin orang lain menyepelekan, tapi kita dapat sekian dan terimakasih.



EmoticonEmoticon

Ad Placement

Ad Placement

Ad Placement

Formulir Kontak